Minggu, 21 Agustus 2011

Teater 13 Senja SMAN 6 Cimahi berhasil meraih juara pertama pada Festival Drama Basa Sunda Pelajar Remaja (FDBSPR)

Teater 13 Senja SMAN 6 Cimahi berhasil meraih juara pertama pada Festival Drama Basa Sunda Pelajar Remaja (FDBSPR) 2011. Lomba drama berbahasa Sunda yang diikuti 49 kelompok teater dari berbagai sekolah tingkat atas di Jabar dan Banten berlangsung sejak 7-23 Februari.Lomba ditutup tadi malam.Selain menganugerahkan tropi, panitia menghadiahi uang sebesar Rp5 juta untuk juara I, Rp3 juta juara II, dan Rp2 juta juara III.

Para peserta mendapat kejutan setelah budayawan yang juga anggota DPRD Jabar Uu Rukmana menyerahkan uang pembinaan bagi para juara dalam jumlah sama. Bahkan aktris,aktor,sutradara, dan artistik terbaik, termasuk Patadang Kayungyun (favorit) 1, 2, dan 3, mendapat uang pembinaan masing-masing Rp2 juta.Padahal, mereka tidak mendapat hadiah uang dari panitia. Ketua panitia penyelenggara Hadian Hendracahyana mengatakan, FDBSPR 2011 ditonton sedikitnya 8.500penontonsejakdibukanya lombapada07Februarilalu.

Perlombaan ini diikuti 47 peserta pelajar tingkat SMA se-Jabar dan Banten selama 17 hari.”Hanya saja ada empat peserta yang mengundurkan diri,”katanya. Ketua Teater Sunda Kiwari (TSK) Dadi P Danusubrata mengaku bangga dengan antusiasme para peserta dalam mengikuti festival tersebut. Dia menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung terselenggaranya festival drama remaja yang pertama kali dihelat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Herdiwan Iing Suranta menuturkan penyelenggaraan lomba drama berbahasa Sunda harus dilanjutkan demi melangsungkan kelestarian bahasa dan seni drama Sunda.Penutupan FDBSPR 2011 berlangsung cukup meriah yang dihadiri oleh para peserta.Hadir pula beberapa pejabat Pemprov Jabar, seniman, dan budayawan.

Begitu banyaknya orang yang hadir, gedung pun penuh sesak hingga tidak sanggup menampung para hadirin. Menandai penutupan lomba, Teater Sunda Kiwari mementaskan naskah drama Sunda berjudul Harewos Goib yang disutradarai Dadi P Danusubrata.Pementasan berkonsep longser tersebut disambut meriah para penonton, karena penuh dengan adegan humor. Demikian catatan tentang Teater 13 Senja SMAN 6 Cimahi.

Label: , , , ,